PAMERAN FX

“Mendesain dan menciptakan teknologi tidak bisa tiba-tiba, tapi dirancang lebih matang, diuji coba dalam skala riil dan kemudian masuk dalam produksi massal”
-Muhammad Nuh, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan-


Pameran Molina ITS (Mobil Listrik Nasional ITS) resmi dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh, pada tanggal 28 April 2014 di FX, Sudirman, Jakarta. Pameran tersebut menampilkan empat kendaraan buatan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), yaitu dua mobil listrik, ezzy 1.0 dan ezzy 1.1, mobil bertenaga matahari, Widya Wahana IV, dan supercar handmade, lowo ireng. Pameran tersebut dihadiri beberapa petinggi negara dan pelajar SMA dan SMK. Mobil-mobil tersebut akan menjalani tour dari jakarta hingga surabaya guna menguji ketahanan serta melakukan sosialisasi kepada masyarakat bahwa indonesia mampu membuat kendaraan ramah lingkungan sendiri.

Pertama, kita ingin buktikan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) jika diberi kesempatan dan dukungan bisa diciptakan gagasan yang mulia. Ini sebagai bukti PTN tidak hanya masuk wilayah konseptual semata, tapi bisa hasilkan produk riil, Kedua, M. Nuh melanjutkan, mahasiswa jangan hanya berhenti pada lomba-lomba semata. Setelah lomba-lomba seperti ini, mereka harus bisa mengkonversikannya menjadi produk riil. Ketiga, kita punya sumber-sumber yang mahal, yaitu intelektual resources yang harus terus ditingkatkan. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih. Ujar Muhammad Nuh menyampaikan beberapa pesan kepada mahasiswa yang terlibat dalam proyek molina sebelum meninggalkan tempat pameran.