Selain Kendaraan, ITS Juga Ciptakan Pom Listrik

Posted on Posted in Uncategorized

Di kutip dari
its.ac.id

Semua berawal dari riset hingga peluncuran motor listrik pada (2/5) lalu. Pemesanan 5000 unit oleh PT Telkom dan 10000 unit oleh Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bali menyatakan bahwa motor listrik semakin digemari. Temuan terbaru yang memanfaatkan listrik sebagai energi alternatif ini membuat tim riset Mobil Listrik Nasional (Molina) ITS berinisiatif untuk membuat pom listrik.


Pom listrik ini adalah karya anak bangsa yang dibawahi tim riset Molina ITS dengan Prof Dr Ir Prabowo MEng sebagai ketua. Tak hanya untuk komersil, pom listrik ini juga bertujuan untuk mendukung riset kendaraan listrik yang dilakukan di ITS. “Bisa dikatakan pembuatan pom listrik ini adalah sebagai pendukung infrastruktur pendukung teknologi kendaraan listrik,” ujar Grangsang Sotyaramadhani salah satu tim peneliti.

Struktur bangunan pom listrik sama seperti bangunan pom bensin pada umumnya. Tabung tersebut adalah metering system, penghitung jumlah listrik yang dialirkan pada kendaraan. “Hanya saja ada beberapa komponen lain seperti solar panel, baterai, controller, inverter, dan lain sebagainya,” ungkap pria yang sedang menempuh S2 Teknik Mesin ini

Bentuk nyata pom listrik sendiri dapat dilihat secara langsung pada pusat riset Molina. Dengan kapasitas setiap satu unit pom listrik digunakan untuk pengisian tiga kendaraan listrik, energi ini menjadi ramah lingkungan karena tidak menghasilkan polusi udara. “Tentunya bila dikaitkan dengan masalah biaya, kemungkinan akan lebih murah karena ada sumber energi alternatif yang digunakan untuk memasok listriknya,” tegas pria kelahiran Malang ini

Grangsang menambahkan, nantinya pom listrik akan diperbanyak dengan sistim portabel atau dapat dilakukan pengisian daya dengan stop kontak yang ada di rumah. “Untuk peletakkan pom listrik sendiri masih diperlukan kajian lebih dalam dan harapannya masyarakat Indonesia dapat mendukung karya anak bangsa,” pungkasnya. (ifa/pus)

Penulis: its.ac.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *