Tim Riset PUI-SKO ITS Menjelaskan Pentingnya Edukasi Kendaraan Listrik Sejak Dini

Posted on Posted in Uncategorized

Presentasi tentang pentingnya kendaraan listrik sejak dini telah dilakukan oleh tim riset PUI-SKO ITS melalui serangkaian acara yang berkaitan dengan ITS Eco Campus.  Salah satunya kepada siswa kelas satu SD. Bocah bocah mungil ini tampak bersemangat ketika tim memperkenalkan satu persatu karya mereka. Dengan ceria, mereka menyimak penjelasan dari salah satu anggota Tim Riset PUI-SKO ITS, Muhammad Fikri Fakhresy. Menurut Fakhrezi, menjelaskan kendaraan listrik kepada anak kelas satu SD adalah pekerjaan yang cukup menantang. “Harus pelan pelan dalam memberi pengarahan pada mereka, sebisa mungkin menggunakan bahasa yang sederhana supaya dapat diterima dengan baik. Tapi secara keseluruhan seru kok,” tuturnya.

Mahasiswa Lintas Jalur Departemen Teknik Fisika angkatan 2013 ini mengaku senang dengan sikap antusias dari para peserta. “Sebagai siswa kelas satu SD, menurut saya pengetahuan mereka cukup luas. Beberapa diantara mereka ada yang sudah tahu tentang kendaraan listrik hingga panel surya, meskipun dalam versi yang sederhana,” akunya.  Ia menambahkan pula bahwa sadar energi sangat penting untuk dijelaskan sejak usia dini. “Bumi kita sudah semakin tua, lapisan ozon sudah semakin tipis. Untuk menuai solusi di masa depan, para generasi penerus perlu dikenalkan tentang energi sedini mungkin,” terangnya.

Selain itu, kegiatan ini juga sebagai pengenalan ITS Eco Campus kepada pihak eksternal. “Kendaraan listrik lebih ramah lingkungan dari pada kendaraan berbahan bakar minyak, hal ini selaras dengan tagline ITS Eco Campus,” imbuhnya. Selain memperkenalkan karya-karya unggulan PUI-SKO, para peserta juga diajak keliling ITS menggunakan Bis Listrik. Salah satu peserta, Ardan, mengaku senang ketika berkeliling dengan Bis Listrik. “Mobil listrik itu baru. Mobil biasa item-itemnya banyak. Kalau gak pakai mobil listrik, nanti mobilnya asap semua,” ungkap Ardan dengan polos.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *